Upgrading my Gainclone

Okay, my last modification with Riken resistor didn’t run well, the sound quality of my GC didn’t improve much. So last Saturday I managed to bring myself to Lindeteves and bought some 22k Kiwame resistors (after debating with people in the store, they recommend me with expensive Rp. 50k/pcs tantalum resistor)

22k Kiwame

22k Kiwame


I planned to put that Kiwame as a feedback resistor. Because Kiwame made from carbon film, I hoped it would change the midrange frequencies which means warmer vocal and better sound separations.
welcome on board

welcome on board


Well, after implementing the green Kiwame, I tested my GC with the vocal from Kari Bremnes. And the results was disappointing, the mid high vocal got sharper but with better sound separations (no more too much bass in vocal).

Perhaps because I’m using Celestion Mp1 a home theater speakers, so I can’t get the right vocal.

~ by dannytanurahardja on May 29, 2009.

18 Responses to “Upgrading my Gainclone”

  1. resistor yg biru merknya apa?harganya? beli dimana?capasistor yang hijau ukrannya berapa,harganya?

  2. Resistor itu metal film biasa, dimana2 ada dan harganya paling sekitar Rp 500. Kalo Capasitor itu pake Wima 220piko, harganya udah lupa, tapi murah koq

  3. anda tinggal dimana?ada no.tlpnya?aq sofian 021-91659869/3906756. beli pcbnya dimana?harganya?boleh titip beli pcbnya?

  4. Beli PCB nya di bandung, di Jaya Plaza (Ko Benny). Kalo di Jakarta bisa cari di Harco Glodok lt dasar (Ko Ayung) Harga PCB nya +/- 2-rb an (bon nya ilang) Aku tinggal di jakarta.

  5. saya tinggal didaerah senen,jl.kramat raya no.68. kam tinggal dimana?anda no.tlp yang saya bisa hubungi?

  6. Halo Pal Sofian, kamu bisa kontak aku di danny.tanurahardja@gmail.com alamatku di karet (belakang Wisma Metropolitan)

  7. alamatnya?wisma metropolitan itu dimana?telp km?kl saya dengar gainclonenya ada dimana?

  8. Hi Sopian,
    Sorry, susah kalo mau ketemuan.. kebanyakan tinggalnya dikantor nih. Sampe kos udah malem. Sopian ada alamat email ga?

  9. alamat saya di jln.kramat raya no.68 jakarta. email saya sofianirawan@yahoo.com. telp saya 021-91659869

  10. Jangan make WIMA untuk input. Diganti make Sprague orange drop aja (730P misalnya). Untuk elco coba make Silmic atau Silmic II. Boleh juga make Nichicon Muse atau Fine Gold. Untuk resistor seharusnya kalo make carbon composite suaranya akan jadi lebih basah. Pengalaman saya make Allen Bradley awal-awal ganti memang bapuk suaranya, ga beres….suara agak-agak harsh tapi lebih luas. Biarin aja dua hari dengan kondisi nyala ntar mulai berubah jadi jinak suaranya. Hasil akhir suaranya jadi agak warm. Mau lebih soft lagi cobain main filter PSU diparalel ama kapasitor oli. Suara jadi lebih fokus. Terus Diode PSU make tipe apa? Kalo ada coba aja make ultrafast soft recovery, ga tau efeknya apa….

    Salam dari Surabaya

  11. Untuk elko bypass, menurut mas bagusan ELNA SILMIC ato ELNA Cerafine?

  12. mas saya mau tanya kalau semua dipakai kiwame gimana hasilnya ya. o iya tanya lagi, secara kiwame 2 w sama 5 watt, kalau buat replace utnuk R input, dan R lainnya gimana. R zobel di crossover speaker juga nantinya diganti pakai kiwame 5w, sudah pernah coba? setau saya kiwame harganya 15 ribuan deh.

  13. Coba pakai resitor Takman, cin pakai Russian OTK K75-10 Oil Capacitor, Cm pakai Elna Cerafine atau Nichicon Muse BP.

    Coba di PSU filternya pakai Black Gate 680uF/50V bypass dengan 0.1uF, sangat terasa perubahannya. Saya sudah coba dengan komponen standart, dengan configurasi INVERTED GC, bukan NON-INVERTING, hasilnya mnuantab, detail, tranparansi okay,vocal warm.

  14. @dmiko, maksudnya pasang BG di PSU filter itu di power ya..jadi setelah dioda gitu? saya pakai 10.000uF ecek2.. mungkin akan saya coba.. eit tapi BG mahal amat ya. trus klo ada cap ROE atau sikorel minimal 2200uF coba mbok saya di kabari via emai freak_prast@yahoo.co.id

  15. Pretty great post. I just stumbled upon your blog and wanted to mention that I have truly loved surfing around your weblog posts.
    In any case I will be subscribing to your rss feed and I
    am hoping you write once more soon!

  16. Hi there, just wanted to mention, I loved this post.
    It was inspiring. Keep on posting!

  17. Hello there! I could have sworn I’ve been to this web site before but after going through many of the articles I realized it’s new to me.
    Anyways, I’m definitely happy I stumbled upon it and I’ll
    be book-marking it and checking back often!

  18. Hurrah! Finally I got a weblog from where I know how to genuinely obtain valuable data concerning my study and knowledge.

Leave a comment